Suka Traveling Naik Kereta? Ketahui Perbedaan Kelas Kereta Api dan Sub Kelasnya Berikut Ini!

Suka Traveling Naik Kereta? Ketahui Perbedaan Kelas Kereta Api dan Sub Kelasnya Berikut Ini!
Alat transportasi kereta api memang dijadikan salah satu andalan sebab lebih cepat dan menghindari anda dari macet. Tidak hanya untuk berangkat kerja atau melakukan rutinitas setiap hari, namun kereta api sering dijadikan pilihan banyak orang ketika ingin traveling keluar kota. Namun, apakah anda sudah mengetahui dengan pasti apa saja perbedaan dari kelas kereta api yang ada di Indonesia lengkap dengan sub kelasnya?. Jika memang belum, berikut kami punya ulasannya secara lengkap untuk anda.

Perbedaan Kelas Kereta Api yang Ada di Indonesia

Jenis kereta api sendiri merupakan penggolongan jenis fasilitas serta layanan yang bisa anda peroleh ketika naik kereta api. Sedangkan sub kelas adalah pembagian zona tempat duduk yang ada pada kereta api. Berikut adalah perbedaan dari kelas kereta api di Indonesia yang penting untuk diketahui:

1. Kelas Ekonomi

Jenis kereta api pertama adalah kelas ekonomi dengan harga yang paling ekonomi dibandingkan dengan kelas tiket kereta yang lainnya. Untuk formasi tempat duduk kereta api kelas ekonomi ini akan saling berhadapan 2-3 serta 3-3 tergantung dari keretanya.

Sementara sandaran kursi umumnya belum bisa dimiringkan sehingga punggung harus lebih tegak selama anda sedang duduk. Namun untuk kelas ekonomi premium, anda bisa duduk tidak saling berhadapan lengkap dengan fasilitas reclining seat atau kemiringan kursi yang bisa diatur. Untuk fasilitas yang ada di kereta api kelas ekonomi diantaranya adalah:

  • Pendingin udara.
  • Bantal atau selimut.
  • Colokan listrik.

2. Kelas Bisnis

Dilihat dari segi harga, kelas bisnis pada kereta api harganya sedikit lebih mahal dibandingkan kelas ekonomi. Kelas bisnis ini menjadi pilihan tepat jika memang anda tidak mau duduk saling berhadapan.

Walau kemiringan sandaran kursi memang masih belum bisa diatur sesuai keinginan, namun posisi sandarannya sudah jauh lebih nyaman serta tidak terlalu tegak lurus seperti pada kelas ekonomi. Ditambah lagi, ruang kaki untuk kelas ini juga jauh lebih lebar dibandingkan dengan kelas ekonomi. Untuk fasilitas di kelas bisnis yang bisa diperoleh adalah:

  • Fasilitas pendingin udara atau AC.
  • Bantal atau selimut.
  • Colokan listrik.

3. Kelas Eksekutif

Jika anda ingin traveling dengan kenyamanan yang premium, maka kelas eksekutif menjadi pilihan terbaik ketika anda ingin naik kereta api. Dari segi harga, tentunya harga tiket kelas eksekutif jauh lebih mahal dibandingkan kelas ekonomi atau kelas bisnis.

Perbedaan yang paling terlihat dari kereta api kelas eksekutif dengan beberapa kelas lain adalah soal kenyamanan tempat duduk yang tentu jauh lebih maksimal. Susunan tempat duduk pada jenis kereta api ini adalah 2-2. Kursinya juga sangat empuk dengan sudut kemiringan sandaran yang dapat diatur sesuai keinginan.

Ditambah lagi, ruang kaki yang disediakan juga lebar ditambah dengan pijakan kaki pada bagian depan sehingga bisa mengurangi lelah. Kelas eksekutif yang ada sekarang ini juga terbagi menjadi 2 yakni priority serta luxury. Untuk kursi di priority serupa dengan kursi pesawat dan tumpuan kakinya bisa direbahkan.

Sedangkan di kelas luxury, dudukan dapat dimiringkan sampai 150 derajat memakai tombol otomatis. Untuk fasilitas yang bisa didapatkan dari kelas eksekutif ini diantaranya adalah:

  • Fasilitas pendingin udara atau AC.
  • Colokan listrik.
  • Bantal atau selimut.
  • Audio Video on Demand atau AVOD.
  • Makanan ala carte untuk kelas eksekutif priority.
  • TV layar sentuh, earphone, minuman, makanan dan camilan untuk kelas eksekutif luxury.

Perbedaan Sub Kelas Kereta Api yang Ada di Indonesia

Tidak hanya perbedaan kelas, namun pada kereta api juga memiliki perbedaan sub kelas yang penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa jenis sub kelas kereta api yang ada di Indonesia:

  • Sub kelas kereta api ekonomi: C, P, Q, S dan Z. Harga tertinggi adalah untuk sub kelas C, sedangkan harga terendah reguler untuk sub kelas S serta sub kelas Z untuk harga tiket promo.
  • Sub kelas kereta api bisnis: B, K, N, O dan Y. Untuk harga tertinggi adalah sub kelas B, harga terendah reguler untuk sub kelas O serta sub kelas Y untuk harga tiket promo.
  • Sub kelas kereta api eksekutif: A, H, I, J dan X. Harga tertinggi adalah untuk sub kelas A, harga terendah reguler untuk sub kelas J serta sub kelas X untuk harga tiket promo.

Umumnya, sub kelas dengan harga yang paling mahal akan mendapat tempat duduk pada bagian tengah gerbong atau dekat dengan gerbong makan sehingga bisa memesan makanan, snack serta minuman. Tujuan dari dibedakannya sub kelas pada kereta api adalah karena memang kenyamanan akan tergantung dari zona tempat duduknya.

Untuk itu, buatlah keputusan dengan baik ketika ingin traveling dengan kereta. Apakah ingin naik kereta ekonomi, bisnis atau eksekutif yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama